Pimpin Upacara Bendera, Kasdim Cilacap Tekankan Seluruh Prajurit Ikuti Norma

Cilacap-Kodim 0703/Cilacap menggelar upacara bendera hari senin yang dipimpin oleh Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian bertempat di halaman Makodim, Jln. Jenderal Soedirman No. D-1 Cilacap, Senin (8/7).

Bertindak selaku Perwira Upacara Kapten Cpm Agus Santoso dan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Inf. Ngadisan yang sehari- hari menjabat sebagai Komandan Koramil 04/Binangun, upacara diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI yang ada di lingkungan Kodim 0703/ Cilacap,

Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin merupakan sebuah agenda penting, bukan sekedar rutinitas semata, namun memiliki makna yang dalam jika dihayati. Didalamnya terkandung nilai nilai patriotisme, nasionalisme, jiwa kejuangan yang dapat meningkatkan motivasi, soliditas dan disiplin bagi setiap insan prajurit dan PNS TNI.

Usai upacara bendera, Kasdim mengambil jam komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodim 0703/Cilacap guna menyampaikan beberapa arahan terkait kebijakan satuan yang harus dipedomani.

Dalam menjalankan dinas sebagai seorang prajurit perlu mengikuti norma, mematuhi kaedah sebagai koridor yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan tugas, adapun kaedah yang harus diikuti yaitu norma agama, norma hukum, norma sosial, dan norma budaya.

Jika dalam pelaksanaanya tidak sesuai norma atau melanggar kaedah terutama norma hukum akan berpengaruh langsung pada kesejahteraan dan moril (Jahril) prajurit, seperti berkurangnya beberapa kesejahteraan prajurit yang biasa diterimanya.

“Dampaknya tentu akan berimbas kepada keluarga, untuk itu perlu adanya pemahaman akan pentingnya mempedomani norma-norma yang berlaku sehingga moril prajurit akan tetap terpelihara dan semangat bekerja tentunya akan meningkat”, Terangnya.

Dalam kesempatan itu Kasdim memberikan contoh bagaimana pengunaan seragam yang benar sesuai aturan (GAMAD). Hal ini sangat penting karena prajurit Kodim 0703/Cilacap sebagai aparat teritorial merupakan figur yang menjadi teladan bagi masyarakat di wilayah binaanya. Dengan penampilan yang baik akan meningkatkan citra prajurit TNI di mata rakyat, Tandas Kasdim. Pendim Clp.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *