Babinsa Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SD

Babinsa Tanamkan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SD

Banjarnegara – Babinsa Koptu Mintarko yang berasal dari Koramil 09/Susukan  Rabu (09/02/19) memberikan pemahaman wawasan kebangsaan dan melatihkan PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada pelajar SD MI Pakikiran Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara yang diikuti oleh 30 Siswa/Siswi. Kamis (07/02/19)

Materi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD yaitu dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan Nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, menghormat bendera merah putih, mengucapkan Pancasila dan sopan santun.

Koptu Mintarko selaku Babinsa Desa Derik sangat aktif dalam pembinaan sekolah, sehingga baik para guru dan kepala sekolah maupun anak didik begitu akrab. Keakraban tersebut, dimanfaatkan Mintarko untuk mengajak anak-anak mengikuti kegiatan sekolah dengan baik.

Sementara pengajar SD MI, Ibu Erna sangat terkesan. Menurutnya, Babinsa sangat ramah dan anak-anak merasa senang bisa berinteraksi secara langsung dengan Babinsa.

Kepala Sekolah SD MI Pakikiran Suprapto S.Pd dengan Latihan PBB dan wawasan kebangsaan yang diberikan agar bisa menanamkan kecintaan terhadap Bangsa dan Negara dan menimbulkan rasa Nasionalisme serta cintah tanah air kepada Siswa-Siswi SD.

“Latihan PBB ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa menghindari hal-hal negatif termasuk cinta tanah air,”jelasnya. (Suwanto-09).

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *