Korem 071/Wijayakusuma Gelar Upacara HUT Ke-73 Republik Indonesia

Korem 071/Wijayakusuma Gelar Upacara HUT Ke-73 Republik Indonesia

BANYUMAS – wartaekspres.com – Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos, MM, pimpin Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 di Makorem 071/Wk Sokaraja Banyumas, Jumat (17/8/2018).

Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 diikuti Ws. Kasrem 071/Wk, para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wk, para Perwira, Bintara Tamtama dan PNS Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Danrem 071/Wk, mengajak seluruh jajaran TNI memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar sehingga dapat melaksanakan upacara ini secara hikmat dan dalam keadaan sehat wal’afiat.

Menurut Kasad, Upacara yang kita laksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momenmomen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah Kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam.

Saat Bapak Pendiri Bangsa kita Soekarno dan Muhammad Hatta memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sesungguhnya kedua tokoh nasional tersebut memberikan pelajaran bagi kita, bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan kita harus mengedepankan langkah-langkah konkrit, tidak harus menunggu momen-momen yang sempurna.

Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia, lanjut Kasad, berlangsung di tengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan (Vacuum of power) di mana proses penyerahan tanpa syarat Penjajah Jepang kepada Sekutu belum secara tuntas diselenggarakan.

Kelompok-kelompok Pemuda mengambil inisiatif mendesak Soekarno-Hatta agar segera mendeklarasikan kemerdekaan tanpa menunggu janji kemerdekaan dari Penjajah. Sebuah keputusan yang berani namun mengandung nilai luhur perjuangan yang sangat prinsipil, yaitu kemerdekaan dengan kekuatan sendiri.

“Inilah salah satu tonggak sejarah yang menunjukkan watak dasar Bangsa Indonesia sebagai Bangsa pejuang yang memiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan bangsanya dengan kekuatan sendiri,” terang Kasad.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *